8 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit Wajah

Tips kecantikan – Penting sekali kita harus mengetahui tentang penyebab yang memicu munculnya jerawat agar kita bisa mengantisipasinya ketika kita mengalami masalah jerawat. Pada dasarnya jerawat adalah masalah pada kulit wajah seperti hidung, pipi dan dahi serta leher, bahu dada dan punggung. Masalah jerawat kerap kali banyak dialami anak remaja, bahkan orang dewasa juga mengalaminya. Bagi kebanyakan orang masalah jerawat sangat menganggu dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Oleh sebab itu jerawat harus ditangani secepatnya dan dicegah agar tidak muncul pada wajah kita. Banyak sekali orang yang bertanya tanya tentang penyebab munculnya jerawat.

Pada kesempatan kali ini info dan tips kecantikan akan mengulas tentang beberapa penyebab yang memicu munculnya jerawat pada kulit wajah dan anggota tubuh lainnya. Banyak sekali factor yang menyebabkan seseorang mengalami jerawat, untuk itu bagi anda yang mengalami jerawat sangat penting untuk mengetahui penyebabnya. Setiap amsalah jerawat yang dialami oleh seseorang juga berbeda cara penangananya, karena jenis jerawat sendiri juga banyak macamnya. Namun setidaknya kita harus mengetahui penyebab pasti jerawat yang muncul pada kulit wajah kita. Nah langsung saja anda simak rangkuman di bawah ini mengenai factor penyebab jerawat.

8 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit Wajah


Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit Wajah


Berikut ini ulasan tentang beberapa factor penyebab munculnya jerawat salah satunya pasti pernah kita alami, diantaranya :

1. Produksi minyak berlebihan
Munculnya jerawat bisa disebabkan oelh produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Jerawat tersebut terjadi karena gangguan dari kelebihan produksi pada kelenjar minyak sehingga saluran folikel pori pori kulit tersumbat dan berkolaborasi dengan baketri yang ada pada kulit.

2. Disebabkan oleh bakteri
Penyebab jerawat paling serius yaitu karena bakteri yang menyumbat dan berkembang biak sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Peradangan hebat akan terjadi pada kulit dan menimbulkan rasa sakit sehingga timbul yang namanya jerawat batu. Namun ketika jerawat tersebut sembuh akan membekas dan mengakibatkan lubang lubang pada kulit.

3. Adanya sel sel kulit mati
Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh sel sel kulit mati yang bercampur dengan bakteri. Hal tersebut karena sel sel kulit mati bisa menghambat produksi hormone dan pada akhirnya jerawat akan muncul pada kulit di bagian tubuh seperti wajah dan punggung.

4. Faktor hormon
Pada usia remaja kerap kali mengalami jerawat pada wajah, hal tersebut karena produksi hormone yang berlebihan. Namun jerawat juga bisa di alami bagi orang yang berusia dewasa sekalipun, karena produksi hormone mereka tetap berlanjut. Tetapi ketika usia 40 tahun jerawat akan menghilang karena hormon pada mereka sudah tidak berlebihan.

5. Kurang menjaga kesehatan rambut
Pentingnya menjaga kesehatan rambut agar tidak memicu timbulnya jerawat, karena peran rambut terhadap timbulnya jerawat yaitu produksi minyak yang berlebihan dan keluar melalui rambut. Minyak yang keluar melalui rambut bisa bercampur dengan dengan kotoran atau bakteri sehingga pori pori wajah akan tersumbat dan munculah jerawat pada kulit wajah.

6. Mengkonsumsi minuman bersoda
Mengkonsumsi minuman bersoda sangat berbahaya bagi kesehatan kulit serta dapat memicu timbulnya jerawat. Hal tersebut karena kandungan zat yang ada pada minuman bersoda dapat menimbulkan serta meningkatkan jerawat.

7. Adanya tekanan pada kulit
Munculnya jerawat juga bisa disebabkan oleh tekanan yang dilakukan pada kulit, misalnya seperti kera baju dan benda lain yang tidak kita sadari sehingga menekan kulit. Hal tersebut dikarenakan benda yang menekan kulit mengandung bakteri pemicu timbulnya jerawat.

8. Alergi makanan dan minuman
Jerawat bisa muncul pada kulit karena disebabkan oleh alergi pada makanan serta minuman yang kita konsumsi. Dari jenis makanan yang kita konsumsi banyak mengandung zat dan vitamin yang berbahaya sehingga jerawat akan muncul. Inilah jenis makanan pemicu munculnya jerawat yang perlu anda perhatikan.

Baca juga : Cara alami menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Itulah tadi 8 penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah yang perlu anda waspadai agar anda tidak mengalaminya. Masih banyak lagi factor penyebab lainnya, namun dari beberapa factor diatas hal yang lebih penting yang yang harus anda perhatikan. Sekian dari ertikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Related Posts: